Tips Menjadi Travel Fotografer Hebat

Traveling ke berbagai provinsi di Indonesia atau negara-negara yang tersebar di seluruh dunia adalah harapan banyak orang. Dengan traveling, kita bisa belajar hal baru, melepas stres, mendapat banyak teman, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya. Namun, banyak orang yang gagal untuk melakukan hal ini karena terkendala banyak hal, salah satunya biaya untuk beli tiket pesawat.

Padahal kita sudah bisa beli tiket pesawat dan memesan kamar hotel dengan harga yang lebih murah  jika rajin mencari promo. Selain itu, ada juga cara jitu supaya kita bisa traveling lebih hemat dan bahkan justru bisa menghasilkan banyak uang, yaitu menjadi seorang travel fotografer. Hal ini sudah dilakukan oleh Barry Kusuma salah satunya. Dengan profesi ini, sarjana ekonomi Trisakti ini sudah bisa mengelilingi Indonesia dan berkunjung ke banyak negara sambil meraup banyakuang.

Menarik, bukan? Kalau kamu tertarik untuk mengikuti jejak Barry Kusuma, berikut beberapa tips agar kamu bisa menjadi seorang travel fotografer hebat yang bisa traveling ke berbagai tempat menarik sambil mencari uang.

Mulai Dari yang Terdekat

Saat pertama kali mencoba menjadi seorang travel fotografer, jangan harap langsung mendapat banyak undangan berbayar untuk berkunjung ke tempat tertentu. Dengan kata lain, kita harus memulainya dengan biaya sendiri. Maka dari itu, mulailah memotret tempat-tempat wisata yang ada di dekat tempat tinggalmu agar tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Jika kamu konsisten, maka konten yang kamu buat pun akan terus mendapat perhatian dari orang lain. Setelah memiliki banyak penggemar, barulah peluang untuk mendapat undangan traveling berbayar mulai terbuka.

Sabar

Foto yang bagus bukan cuma ditentukan dari kamera apa saja yang kamu pakai, tempat mana saja yang kamu foto, atau teknik apa saja yang kamu miliki, tapi juga tentang bagaimana menangkap momen di waktu terbaik. Untuk itu, kamu harus lebih sabar dalam mengambil gambar agar mendapatkan foto dengan kualitas terbaik. Sebagai contoh, jika kamu sedang traveling di alam liar dan ingin memotret kehidupan hewan liar yang ada di sana, kamu harus rela menunggu selama berjam-jam sampai hewan tersebut melakukan suatu hal yang bagus untuk difoto.

Selain untuk urusan menangkap momen, kamu juga harus bersabar saat meniti karir sebagai travel fotografer karena prosesnya sangat jauh dari kata instan. Barry Kusuma saja baru bisa benar-benar nyaman menjalani karir sebagai travel fotografer setelah 8 tahun.

Kuasai Berbagai Media Sosial

Di era digital ini, media sosial jadi faktor penting yang dapat memuluskan keinginanmu untuk menjadi travel fotografer hemat. Soalnya, cakupan dari media sosial sangat luas. Hampir setiap travel fotografer memanfaatkan media sosial sebagai ruang untuk memublikasikan karya mereka. Namun, setiap media sosial memiliki karakter dan demografis yang berbeda-beda. Untuk itu, pelajarilah cara terbaik untuk menggunakan setiap media sosial tersebut lebih dalam agar efektif dalam memublikasikan foto traveling yang kamu hasilkan.

Selalu Berusaha Mengembangkan Diri

Setelah mampu membuat foto traveling berkualitas dan mulai mendapat undangan traveling berbayar, teruslah pelajari hal-hal baru baik, khusus nya di bidang fotografi. Soalnya, bidang fotografi itu sangat dinamis. Selalu ada tren-tren baru setiap tahunnya yang di sukai banyak orang.

Salah satu cara untuk mengembang kan diri adalah dengan rajin melihat karya orang lain. Dengan begitu, semakin banyak referensi yang bisa kamu pelajari. Selain itu, kreatifitas kamu dalam membuat foto travel yang menarik pun semakin terasah. Dari karya orang lain pun kamu bisa tahu tempat wisata apa saja yang sudah populer atau yang masih tersembunyi untuk kamu perkenalkan lewat karya.

Pelajari juga hal lain yang memiliki kaitan dengan kegiatan foto traveling seperti menulis cerita karena foto yang kamu buat akan terasa semakin menarik jika ditunjang dengan cerita yang baik. Hal inilah yang dilakukan Barry Kusuma sampai menjadi travel fotografer paling kece di Indonesia. 

Punya Signatur

Sebagus apa pun foto yang kamu buat, tetap tidak akan terlihat spesial jika hasil nya sama saja dengan karya foto traveling milik orang lain. Untuk itu, pikir kan lah karakter apa yang bisa kamu tuang kan dalam setiap foto traveling mu agar membuat nya menjadi lebih istimewa dan berbeda dari orang lain.

Segerakan

Selanjut nya, beli tiket pesawat dan cek promo hotel sekarang juga, lalu segera lah berpetualang mulai dari tempat yang paling mungkin untuk di jangkau. Lakukan hal ini secara konsisten sampai setiap karya mu menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Supaya kamu bisa traveling sambil mengambil gambar tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar, jangan lupa cek promo hotel di reservasi.com karena ada banyak kamar hotel di tempat-tempat menarik yang bisa kamu pesan dengan penawaran harga terbaik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *