Aneka Cara Memasak Ayam Goreng Renyah dan Legit

Ayam goreng adalah lauk favorit sebagian besar orang. Lauk yang lezat ini mampu meningkatkan nafsu makan dengan cita rasa dan aromanya yang sedap. Jika hasil gorengannya renyah, tentu saja lebih menggoda selera. Cara memasak ayam goreng menjadi renyah sekaligus legit ini dapat menjadi referensi Anda tentunya. Dengan cara ini, ayam goreng jadi lebih spesial.

  • Tidak Menggoreng Ayam yang Masih Beku

Umumnya, ayam disimpan dalam lemari es sebagai stok atau persediaan bahan makanan, sehingga Anda bisa menggunakannya ketika diperlukan. Cara ini memang membuat suhu ayam menjadi dingin dan beku. Karenanya, jangan langsung menggoreng ayam tersebut selagi masih beku karena tidak akan renyah dan bagian dalamnya tidak matang.

Untuk itu, cuci ayam tersebut dengan air agar fresh dan rendam beberapa saat agar suhunya menghangat dan tidak beku lagi. Anda juga bisa memanaskan ayam yang terlanjur beku menggunakan microwave agar lebih cepat menyesuaikan temperatur. Setelah itu, Anda dapat menggorengnya dan pasti menjadi renyah.

  • Menusuk-nusuk Ayam dengan Garpu

Teknik menusuk-nusuk ayam dengan garpu tidak hanya berfungsi untuk membuat bumbu lebih meresap sempurna. Cara ini juga membantu melunakkan serat daging ayam, sehingga panas minyak mudah diserap ke dalam. Hasilnya, ayam goreng akan renyah dan matang sempurna.

  • Jika Menggunakan Tepung, Gunakan Dua Jenis Larutan

Berbeda dengan teknik ayam goreng biasa tanpa tepung. Jika Anda akan menggoreng ayam dengan tepung, maka gunakan dua jenis larutan agar hasilnya renyah dan legit. Setelah ayam dibumbui, masukkan ke dalam campuran tepung kering. Setelah itu, celupkan ke dalam larutan pencelup dan masukkan kembali ke campuran tepung kering.

Proses tersebut bertujuan agar tepung dapat menempel pada ayam dengan sempurna, sehingga ayam goreng tepung bisa crispy dan tampilannya menarik. Ayam goreng tepung tersebut juga bisa bertahan lama dan tetap renyah.

  • Menggunakan Minyak Goreng Baru

Cara memasak ayam goreng renyah dan legit berikutnya adalah selalu menggunakan minyak goreng baru. Pemakaian minyak goreng baru tentu akan menghasilkan gorengan yang renyah dan warnanya tetap cantik.

Anda juga tidak akan cemas mengenai cita rasa ayam goreng karena sudah pasti akan tetap lezat dan tidak berubah rasa. Kualitas minyak goreng baru ini juga baik karena mudah panas karena tidak terhalang oleh sisa kotoran dari gorengan sebelumnya.

  • Jumlah Minyak Goreng Harus Banyak dan Panas

Proses menggoreng ayam juga dipengaruhi oleh jumlah minyak yang digunakan. Agar menghasilkan ayam goreng renyah, gunakan minyak goreng dalam jumlah banyak. Jika jumlah minyaknya banyak, seluruh bagian ayam akan terendam dan ayam akan matang secara merata di seluruh bagiannya sampai ke dalam.

Pastikan bahwa minyak goreng harus dalam keadaan sudah panas. Mengapa? Agar ketika ayam dimasukkan ke dalam minyak, seluruh bagian ayam akan matang sempurna dengan panas yang pas. Jadi, proses penggorengannya bisa serentak. Ayam bisa matang hingga ke dalam, tidak sampai menyebabkan bagian luar menghitam. Jadilah ayam goreng matang di dalam dan renyah di luar.

  • Memastikan Api Kompor Selalu Sedang

Cara goreng ayam renyah berikutnya adalah memastikan api kompor selalu dalam keadaan sedang, yaitu jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil. Menggunakan api kompor yang sedang tentu akan menjadikan gorengan ayam lebih renyah dengan panas yang pas untuk proses penggorengan yang merata.

Jika api terlalu besar, maka akan menyebabkan ayam menjadi gosong, terutama di bagian luarnya. Bisa jadi ayam di bagian dalam belum matang sempurna, namun bagian luarnya sudah menghitam. Jika api terlalu kecil, maka ayam akan susah matang dan justru minyak akan lebih banyak meresap.

Berbagai cara goreng ayam tersebut merupakan panduan yang pas untuk menghasilkan ayam goreng renyah. Cita rasanya juga menjadi lebih bersensasi. Tips tersebut bisa diterapkan setiap kali menggoreng ayam. Pastikan bahwa Anda menguasai setiap cara memasak ayam goreng dengan atau tanpa tepung.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *