Informasi Lengkap Seputar Cara Mengatasi Alergi Anak, Apa Saja Penyebab Dan Gejalanya

Pernah mengalami kulit anak yang tadinya normal, tiba-tiba jadi merah dan gatal? Pastinya hal ini sangat mengganggu kenyamanan dan aktivitas bermain si kecil. Jangan anggap sepele jika hal demikian terjadi, coba lakukan pemeriksaan untuk mengetahui secara pasti penyebabnya, siapa tahu ini adalah gejala alergi anak . Alergi merupakan sebuah bentuk reaksi kekebalan tubuh terhadap alergen, sehingga yang tadinya kulit normal seketika berubah menjadi merah, ruam dan gatal. Alergi pada anak sebaiknya ditangani sesegara mungkin dan harus mendapatkan penanganan yang tepat, untuk itu penting kiranya mengetahui lebih jauh mengenai apa saja penyebab alergi, cara mengatasinya dan gejala yang biasa timbul. Berikut ulasan lengkapnya!

1.       Penyebab Alergi Anak Yang Harus Diketahui

Ada beberapa penyebab alergi pada anak, sebagian besar masyarakat beranggapan karena faktor keturunan atau genetik. Hal ini tidak salah, risiko bayi menderita alergi karena faktor keturunan mencapai angka 70%. Itulah kenapa, penting bagi orang tua yang memiliki riwayat alergi untuk waspada terhadap kemungkinan anak menderita hal yang sama.

Penyebab lainnya yang dapat menimbulkan alergi anak adalah faktor makanan. Makanan menjadi penyebab no.2 yang paling sering mengakibatkan timbulnya alergi, baik pada anak-anak hingga orang dewasa. Ada beberapa jenis makanan yang berpotensi menyebabkan alergi, diantaranya adalah jenis makanan laut atau seafood, susu, kacang, ikan dan lainnya. Jika seseorang ada memiliki alergi terhadap makanan tertentu, biasanya tidak lama setelah menyantap makanan tersebut, akan cepat menimbulkan reaksi pada kulit seperti bintik merah dan gatal.

Setelah makanan, penyebab alergi anak atau pada orang dewasa lainnya adalah faktor luar atau lingkungan. Ada banyak jenis alergen di lingkungan yang dapat menyebabkan alergi, diantaranya debu, hawa dingin, serbuk sari, bulu hewan, binatang kecil dan sebagainya. Pada bayi, penggunaan jenis popok yang tidak sesuai dengan kulit bayi, juga sering menjadi penyebab alergi lainnya pada bayi dan anak.

2.       Kenali Gejala Alergi Anak Sejak Dini

Mengetahui apa saja gejala alergi, sangat membantu dalam menemukan cara atau penanganan yang cepat dan tepat. Untuk itu, simak beberapa jenis gejala alergi yang biasanya terjadi:

  • Kulit memerah pada beberapa bagian
  • Timbul ruam
  • Kulit terasa gatal
  • Sering bersin
  • Batuk
  • Terjadi pembengkakan pada beberapa bagian anggota tubuh
  • Susah bernafas
  • Muntah
  • Diare
  • Pada tingkat alergi yang parah dapat menyebabkan penderita pingsan atau hilang kesadaran

3.       Ketahui Cara Mengatasi Alergi Anak Yang Tepat

Mencegah lebih baik daripada mengobati, tentu adalah hal terbaik yang bisa dilakukan oleh setiap orang tua yang memiliki anak dengan riwayat alergi. Cara pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan tidak mendekatkan anak pada alergen atau bisa juga dengan cara menggunakan alat pengaman yang dapat mencegah alergen masuk ke dalam tubuh atau mengenai kulit anak, misalnya menggunakan masker, pakaian yang menutup badan, tidak mengkonsumsi makanan penyebab alergi dan lainnya.

Jika alergi sudah terlanjur terjadi, lakukan penangan cepat dengan cara berkonsultasi pada dokter kulit. Jangan sembarangan memberikan obat kepada anak tanpa anjuran atau resep dokter karena hal ini justru berpotensi menimbulkan masalah lain.

Jaga selalu kebersihan tubuh anak serta lingkungan sekitar untuk memberikan perlindungan maksimal bagi si buah hati terhadap ancaman alergi anak. Semoga ulasan mengenai alergi ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Salam sehat!

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *