Terapkan Trik Jitu Ini untuk Beli Mobil Bekas Berkualitas

Semakin hari model mobil-mobil baru selalu berdatangan. Namun bagi segelintir orang membeli mobil yang baru kalah di pembayaran pajaknya yang besar. Banyak juga yang memutuskan untuk membeli mobil bekas. Berikut ini trik yang dapat Anda terapkan untuk beli mobil yang bekas dengan kondisi berkualitas.

  1. Bodi Mobil

Penting sekali untuk Anda melihat dengan teliti bagian bodi mobil. Tujuannya agar tidak mengalami kerugian dan mendapatkan mobil yang masih terlihat baru atau terjaga. Bagian yang dilihat adalah depan dan belakang mobil. Terutama di bagian sudut mobil atau area sekitar lampu mobil.

Lihat dengan teliti kondisi cat mobil masih yang asli atau sudah pernah dicat ulang. Ini akan menjadi cara untuk mengetahui pemakaian dari pemilik sebelumnya. Mobil yang sudah pernah dicat ulang pasti pernah mengalami kecelakaan atau kerusakan parah.

  1. Mesin Mobil

Beli mobil bekas tentu tidak bisa hanya sekadar tanpa bagus. Anda harus melakukan pengecekan pada bagian mesin mobil. Cara mengetahuinya dengan menghidupkan mobil. Anda bisa mendengar langsung tarikan dari mobil saat pertama kali dihidupkan. Kuat atau tidaknya untuk bisa mendapatkan penilaian kondisi mobil.

Bisa juga dilakukan dengan membawa kerabat Anda yang dekat dan paham dengan mesin mobil. Anda dapat mengecek kondisi mobil dengan cara mencoba membawanya beberapa saat atau beberapa meter untuk merasakan kondisi mesin.

  1. Interior dan Aksesoris Mobil

Bagian interior mobil mobil yang perlu Anda cek adalah AC masih berfungsi dengan baik atau tidak. Lalu perhatikan bagian dashboard masih dalam kondisi terjaga atau sudah banyak yang rusak. Jangan lupa perhatikan juga bagian karpet mobil ini untuk menilai seberapa besar pemilik lama melakukan perawatan.

Aksesoris yang ada di dalam mobil juga bisa menambah harga mobil tersebut. Jadi Anda harus melihat dengan detail aksesoris yang masih tersedia. Jika tidak mau membeli dengan aksesorisnya Anda bisa melakukan negosiasi.

  1. Kelengkapan Surat-surat

Surat yang harus dimiliki adalah STNK dan BPKB untuk memastikan si penjual memang pemilik yang sah. Anda bisa melihat kedua surat ini dan disesuaikan dengan KTP si penjual atau pemiliknya. Jangan tergiur dengan janji akan memberikan BPKB dan STNK. Anda harus waspada karena bisa saja itu tindak kriminal. Cari tahu dengan detail sebelum membelinya.

  1. Asuransi

Saat akan membeli mobil yang bekas Anda perlu menanyakan perihal asuransi mobil. Apa lah akan mendapatkan asuransi atau sudah didaftarkan asuransinya. Ini akan menjadi nilai plus pada mobil jika sudah diuruskan asuransinya. Bisa menanyakan dengan detail apa saja yang dijamin dari asuransi tersebut.

  1. Kredit Atau Tunai

Selanjutnya yang bisa Anda terapkan saat pembelian mobil bekas adalah untuk memastikan mobil dibeli dengan kredit atau tunai. Tanyakan dengan detail sebelum mengambil keputusan. Jika mengambil kredit Anda perlu tahu berapa perbedaan harganya dengan tunai. Ini akan membuat Anda harus memikirkannya dengan lebih matang.

Ada baiknya jika Anda memilih tempat jual yang menyediakan kredit agar komunikasi dengan si penjual terus terjaga. Jadi bisa mengajukan klaim atau asuransinya dengan lebih mudah. Namun jika Anda akan membeli tunai dan tempatnya memang terpercaya bisa langsung membeli mobilnya sesuai dengan budget dan selera.

 

Anda yang ingin beli mobil bekas bisa mengunjungi website mobil88.astra.co.id. informasi terkait mobil bisa didapatkan dengan mudah. Tanyakan apa saja yang diperlukan. Ada banyak pilihan mobil yang tersedia jangan sampai ada tergiur dan kebingungan menentukan pilihan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *